***Info PERUMAHAN TANAH Bandung Cimahi

INFO Perumahan Real Estate di Kota BANDUNG dan CIMAHI Jual Sewa Villa Apartment Ruang Usaha Ruko Tanah di Perumahan dari Developer Full Foto Harga Murah Mewah Free Konsultasi Property Harga Tanah di Bandung Cimahi Tips Design Arsitektur Rumah minimalis Cantik Feng Shui Informasi Proses Jual Beli Rumah KPR Bank Notaris/PPAT Pajak Update 2009

Tips Menjual Rumah

sold2Menjual Rumah seperti halnya Membeli Rumah ‘Gampang-gampang susah’. Kadang kita bisa sangat heran dikala kita memiliki sebuah rumah yang cukup bagus, kondisi terawat, harga yang tergolong harga standart tapi kok belum Laku-laku juga…,Kenapa???

Masalah apa yang sebenarnya terjadi?

semoga tulisan ini dapat membantu.

Dalam menjual rumah, sebenarnya ada 4 hal yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu :

1. Lokasi Properi

2. Harga properti

3. Kondisi Properti

4. Pemasaran.

Ke-4 hal tersebut akan saling ter kait dan mendukung terjual atau tidaknya sebuah properti (Rumah, Ruko, ataupun Tanah)

misal :

Sebuah Rumah dijual :

  1. Lokasi Bagus (jalan utama)
  2. Kondisi Rumah Bagus
  3. Ditawarkan dimana-mana (Iklan koran, Internet, lewat Agen, dll)

Tetapi Harganya masih terlalu mahal,

jelas, kemungkinan besar properti tersebut tidak akan terjual, karena pembeli-pun bukan orang yg bodoh…,tentu saja setelah melihat-lihat rumah Anda, pembeli akan mencari informasi di berbagai tempat tentang kisaran harga di lokasi yg akan dibeli-nya.

misal 2

Sebuah rumah dijual :

  1. Lokasi bagus
  2. Harga murah
  3. Pemasaran bagus

kondisi rumah jelek, tidak terawat, bangunan lusuh berantakan.

properti tersebut-pun akan cukup susah terjual, karena pembeli biasanya akan kurang bersimpati. pun mereka akan menimbang-nimbang untuk membeli karena mereka tentunya akan membutuhkan biaya untuk renovasi rumah. Siap Huni is Better.

begitu juga dengan yg lain, ke-3 syarat lain terpenuhi, tetapi Lokasi Properti berada di pinggir kota yg jarang penduduknya. pun akan sulit untuk terjual.

Yang terakhir, dan mungkin ini yang sering dilupakan untuk para pemilik properti, (terkadang juga oleh para Agen Properti sekalipun) yaitu Kurang-nya Pemasaran. Bagaimana mungkin properti kita bisa terjual kalau kita tidak pernah mempromosikannya???

🙂 Selamat Menjual Properti Anda.

salam.

Picture : http://www.google.co.id

Iklan

Filed under: Tips,

7 Responses

  1. jajan berkata:

    minta saran sedikit boleh kang, saya mau jual rumah di daerah ujung berung, harga sudah sepakat, tp di akhir perbincangan kemarin pembeli minta untuk pembayarannya secara bertahap, itu bagai mana kang?
    ya saya bilang tidak bisa..,
    saya takut ditipu atau bagai mana oleh pembelinya.
    gmn kang?
    haturnuhun…

    (kl bisa balas yg cepat kang…urgent soalnya.)

    • Ibnu F Farianto berkata:

      @kang jajan
      pembayaran secara bertahap bagaimana maksutnya? termin?
      kadang ada jg memang yg karena berbagai alasan pembeli melakukan pembayaran’ditunda’..,
      bisa karena
      1. mau ambil KPR dari bank
      2. sudah cocok dengan rumah-nya tp ‘uang’ belum ada/kurang
      3. pembeli adalah investor (yg nanti bakalan ngejual properti tersebut lebih mahal ke orang lain, salah satu trik investasi)
      4. ya pegen nipu… 🙂

      jd cukup berhati2 saja kang jajan…dan yg terpenting “jangan sampai kang jajan (pemilik sertipikat) mau ke notaris kl uangnya belum lunas)
      plus satu lagi. Jangan mau Jual beli rumah tapi ‘digantung’ (AJB saja..blum blik nama) nanti bisa merepotkan di kemudian hari..lebih baik kl urusan jual beli rumah itu selesai sekalian…

    • Ibnu F Farianto berkata:

      ^_^wah kliatanya ini telat balesnya..maaf memang sangat sibuk sekarang, jd blum sempet liat2 blog ini…
      pembayaran bertahap (atau biasanya disebut ‘termin’)
      terkadang memang sering dilakukan, itu tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli, biasanya krn pembeli sudah tertarik tetapi uangnya belum cukup ataupun dia jg sedang’menunggu’ ‘uangnya’ yg belum ‘turun’…
      apapun alasannya hal itu bisa dilakukan..asalkan jangan meruginkan salah satu pihak (penjual dan pembeli harus sepakat)
      untuk menghindari terjadinya penipuan, harus ada hitam diatas putih, kesepakatan harus jelas dan bermatrai, jd bs dipertanggung jawapkan nantinya.
      yg perlu diperhatikan adalah, dengan pembayaran termin tersebut, bukan berarti pembeli sudah ‘memiliki’ rumah tersebut, termin biasanya lebih berpihak kepada penjual properti.
      misalnya kesepakatan kedua pihak seperti ini,
      sepakat rumah akan dibayar berangsur selama 2 kali, bulan x dan bulan y, jika pada waktu yg telah ditentukan pembeli tidak melunasi pembayaran maka DP ataupun pembayaran yg telah dilakukan akan hangus. (menguntungkan penjual bukan?, ya memang begitu..)
      akta jual beli di notaris sebaiknya dilakukan setelah semua pembayaran sudah terlunasi, jd tidak bs baru pembayaran ke x kemudian pembeli minta ke notaris…
      banyak hal2 yg harus diperhatikan dlm jual beli properti, apalagi yg khusus seperti ini, jd sebaiknya kang jajan memang berkonsultasi pada orang yg pernah, ataupun kl tidak ada bs ke notaris saja..minta dijelaskan kira2 bagusnya bagaimana..ya memang agak susah..ketemu pembeli yg cocok jg susah..jd sayang jg kl gara2 itu jd gagal jual-belinya…
      ini memang tidak komplit tp semoga bs sedikit memberi gambaran..

  2. dudi berkata:

    wah trimakasih banyak atas infonya…,

  3. ade berkata:

    pak,kami mau jual rumah tp kami bingung mau jual berapa?kami beli tnh thn 2006 luasnya 120 seharga 20jt kami bangun menghabiskan 90 jt.kami mau jual rumah jangan terlalu mahal jangan terlalu murah.kami mau jual rumah tujuanya mau beli rumah lagi.tlg mnt sarannya pak?

    • Ibnu F Farianto berkata:

      @ pak ade
      tentang tanahnya bapak bs lihat NJOP nya pak, paling mahal pak ade bisa jual 2 kali dr harga NJOP, atau kl harganya masih tidak wajar, pak ade cr info tanah didaerah situ terakhir permeternya dijual berapa, itu bs dijadikan acuan dr tanah bapak bs dihargai berapa…walaupun begitu menurut sy kl masih 2 tahunan saya kira harganya tidak akan terlalu besar perubahannya dr pak ade beli..,
      jika bapak masih tidak tahu dalam jual-beli properti bapak bs menggunakan jasa agen properti, ada banyak agen properti di bandung sekarang..pak ade bs pilih sendiri…
      dr jasa agen properti tersebut pak ade jg bisa tau apakah harga properti tersebut wajar atau tidak, krn agen biasanya jg sudah punya kalkulasi tentang harga suatu properti…
      semoga membantu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Where are You From


  • Feel Free....Don't be shy

    Locations of visitors to this page
  • Blog Stats

    • 155.075 hits

    Your Computer Must be

    *** Am I Right??

    Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
    Alexa Certified Site Stats for www.bandunghome.wordpress.com
    %d blogger menyukai ini: